27 Oktober Hari Blogger Nasional

1:09 PM

Mungkin anda baru dengar tentang Hari Blogger Nasional , perayaan Hari Blogger Nasional ini awalnya dicetuskan oleh Kemenkominfo Mohammad Nuh pada tahun 2007. Tepatnya pada acara Pesta Blogger 2007 .

Akhirnya , setiap tahun pada tanggal 27 Oktober , Blogger Indonesia memperingati hari bersejarah ini . Dimana para Blogger berkumpul dalam suatu acara akbar , yang dilaksanakan setahun sekali .

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh tanpa basa-basi mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Momentumnya dibuat seiring Pesta Blogger 2007. Hal itu dicetuskannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 (PB2007), sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta, Sabtu (27/10/2007). “Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional!” tukasnya disambut tepuk tangan meriah para penulis blog.


“Momentumnya sangat tepat untuk mendeklarasikan hari ini sebagai hari blogger nasional. Sebelumnya hal ini belum direncanakan sama sekali,” ujarnya kepada wartawan setelah memberi sambutan. Disinggung mengenai langkah selanjutnya dari deklarasi Hari Blogger Nasional dan apakah pemerintah akan membakukan sebuah kode etik bagi blogger, Nuh mengaku hal itu belum dipertimbangkan. “Ini masih awal, belum sampai sejauh itu untuk dipikirkan. Masih yang sederhana saja,” tukasnya. Cetusan untuk menjadikan Hari Blogger Nasional muncul pada acara itu secara spontan.

Diawali oleh Enda Nasution, Ketua Komite PB2007, dalam sambutannya. Menurut Nuh, blogger memiliki peran dalam hal edukasi dan memberdayakan masyarakat. Ia juga berharap blogger tidak ‘malu-malu’ atau takut dalam menulis blog. “Kami jamin tidak akan ada pembreidelan,” ujarnya dalam acara PB2007. Enda, yang ditemui sewaktu makan siang, mengatakan deklarasi tersebut memang tidak direncanakan.

Untuk ke depannya, Enda pun mengaku belum ada rencana spesifik. “Paling tidak sudah ada satu tanggal yang bisa dijadikan momentum. Nanti setiap komunitas atau individu blogger bisa membuat interprestasinya sendiri untuk memperingati hari ini,” ia menjelaskan. PB2007 menghadirkan blogger dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Anging Mammiri dari Makassar, Go Ranah Minang dari Sumatera Barat, Loenpia.net dari Semarang, Komunitas Blog Jogja hingga blogger yang mewakili komunitas di Poso.

Komunitas non-regional seperti Blogfam, id-Gmail, Multiply Indonesia, dan Muslim Blog juga ikut meramaikan acara ini.

Tentunya harapan kita agar Hari Blogger Nasional ini dapat senantiasa mengingatkan kita untuk senantiasa menulis dan berkarya , sehingga Indonesia lebih maju dengan karya Blogger.

jadi gitu awal mula tanggal 27 oktober diperingati sebagai hari blogger nasional, awalnya tidak direncanakan :D selamat untuk semua blogger khususnya blogger Indonesia, semoga ke depannya bisa lebih berguna bagi Nusa dan Bangsa *bahasanya -_-

Selamat Hari Blogger Nasional :)



You Might Also Like

1 comments