April MOP

9:57 AM

selamat bulan april kawan :) walau agak terlambat ngucapinnya hhehe. sekarang sudah bulan april, biasanya kita dengar hal - hal yang menghebohkan bukan ? namun itu hanya lelucon semata, hhaha ya itulah april MOP atau april Fools. 


sering kita dengar kata april MOP namun sebenarnya apa sih april MOP itu ?? di sini kita coba selidiki sejarah dari april MOP itu sendiri.


                April Mop, dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop". Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

             Istilah April Mop disinyalir sudah dikenal di Perancis pada abad 16, Sebelum ada penyempurnaan sistem penanggalan seperti yang kita kenal saat ini, tanggal tersebut di anggap sebagai hari pergantian tahun (kata April diserap dari bahasa Belanda Aprire, artinya membuka). Padahal Paus Gregory telah memperkenalkan sistem penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari, tetapi sosialisasi tidak mencapai semua kalangan dan bahkan banyak yang tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April. Merekalah yang disebut April Mop, atau orang-orang yang tertipu di bulan April.

            Ada Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan A Fools Errand atau tugas orang bodoh.

              Para agamais di Eropa menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta. Bahkan ada yang menganggap April Mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

              Tradisi ini sempat menghebohkan warga Norwegia. di koran Bergens Titende Norwegia diberitakan bahwa kantor bea cukai setempat telah menyita barang selundupan berupa jutaan liter minum keras (miras). Kalau ini dibuang begitu saja tentu sangat disayangkan, maka dari itu miras ini akan dibagikan kepada semua masyarakat. Bagi mereka yang ingin mendapatkan miras secara gratisan silahkan bawa botol kosong ke kantor bea cukai. Akibatnya ribuan orang ngantri di depan kantor bea cukai setempat dengan botol kosong :hammer

              Ternyata ada banyak teori yang menjelaskan asal dari kata april MOP itu sendiri, mulai yang sekedar lelucon hingga teori yang sedikit SARA :Peace: ya mungkin begitu budaya barat. kita sebagai bangsa timur hanya ikut - ikutan merayakan april MOP lewat internet atau bahkan langsung di kehidupan nyata. sudahkah kamu menipu di bulan ini ?? hhaha...






You Might Also Like

0 comments